Subscribe:

Labels

Selasa, 02 Juli 2013

Penduduk Sebagai Sumber Daya Manusia

Setelah selesai mempelajari kegiatan belajar 1, diharapkan Anda dapat:
1. menjelaskan pengertian sumber daya manusia;
2. menjelaskan cara-cara untuk mengetahui jumlah penduduk;
3. menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk;
4. menyebutkan tiga bentuk piramida penduduk; dan
5. menjelaskan tiga faktor yang dapat digunakan untuk menentukan kualitas sumber daya manusia.

Sumber daya manusia
Masih ingatkah Anda tentang pengertian sumber daya manusia yang telah dibahas di SLTP? Pembahasan sumber daya manusia ditingkat SMU tentunya lebih lengkap dan mendalam. Baiklah, untuk mempercepat ingatan dan pemba- hasan perhatikan definisi di bawah ini!
Sumber daya manusia adalah seluruh kemampuan atau potensi penduduk yang berada di dalam suatu wilayah tertentu beserta karakteristik atau ciri demografis, sosial maupun ekonominya yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembangunan. Jadi membahas sumber daya manusia berarti membahas penduduk dengan segala potensi atau kemampuannya. Potensi manusia menyangkut dua aspek yaitu aspek kuantitas dan kualitas.

Karakteristik demografi merupakan aspek kuantitatif sumber daya manusia yang dapat digunakan untuk menggambarkan jumlah dan pertumbuhan penduduk, penyebaran penduduk dan komposisi penduduk.
Karakteristik sosial dan ekonomi berhubungan dengan kualitas (mutu) sumber daya manusia.
Keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan oleh suatu negara, sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia yang ada baik secara fisik maupun mental.
Sumber daya manusia atau penduduk menjadi aset tenaga kerja yang efektif untuk menciptakan kesejahteraan.
Kekayaan alam yang melimpah tidak akan mampu memberikan manfaat yang besar bagi manusia apabila sumber daya manusia yang ada tidak mampu mengolah dan memanfaatkan kekayaan alam yang tersedia.
Demikianlah kita harus memahami betapa pentingnya mengupayakan agar sumber daya alam berkualitas tinggi sehingga tidak menjadi beban bagi pembangunan.

Gambar 1. Manusia sebagai sumber daya manusia,
keberadaannya menentukan nasib bangsa.

Sampai disini apakah Anda telah memahami pengertian Sumber Daya Manusia? Selanjutnya agar pemahaman Anda lebih lengkap, perhatikan uraian berikut ini!
Pembahasan penduduk yang dapat digunakan untuk menggambarkan kondisi sumber daya manusia meliputi:
  1. Jumlah Penduduk
  2. Pertumbuhan Penduduk
  3. Komposisi Penduduk
  4. Kepadatan Penduduk
  5. Kualitas Penduduk
  6. Mobilitas Penduduk

Jumlah Penduduk
Penduduk (population) adalah semua orang yang menetap di suatu wilayah tertentu dalam jangka waktu tertentu. Jumlah penduduk suatu negara dapat diketahui melalui beberapa cara yaitu sensus penduduk, survey penduduk dan registrasi penduduk.
a.
Sensus Penduduk (cacah jiwa) yaitu penghitungan jumlah penduduk oleh Pemerintah dalam jangka waktu tertentu secara serentak. Sensus penduduk dilaksanakan tiap 10 tahun dan dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).
Pemerintah Indonesia telah melaksanakan sensus penduduk pada tahun 1930, 1961, 1970, 1980, 1990 dan 2000. Kegiatan sensus penduduk meliputi kegiatan pengumpulan, pengolahan, penilaian, penganalisaan dan penyajian data-data kependudukan. Data yang disajikan meliputi data demografi, sosial, ekonomi dan lingkungan hidup. Selanjutnya data-data tersebut dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan misalnya untuk bahan perencanaan kebijakan pembangunan.
Sensus penduduk ada dua macam yaitu:
  • Sensus De Facto yaitu penghitungan/pencacahan terhadap setiap penduduk yang berada di suatu wilayah ketika sensus dilaksanakan.
  • Sensus De Yure yaitu penghitungan/pencacahan terhadap penduduk yang benar-benar bertempat tinggal di wilayah yang dilaksanakan sensus. Jadi penduduk yang hanya bertamu atau menumpang tidak ikut didata.
Di Indonesia digunakan kriteria sensus de facto.
b.
Survey penduduk yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah untuk melakukan penelitian dan menyediakan data statistik kependudukan pada waktu dan tempat tertentu. Survey yang dilakukan meliputi survey ekonomi nasional, survey angkatan kerja nasional dan survey penduduk antar sensus (SUPAS).

c.
Registrasi yaitu proses kegiatan pemerintah yang meliputi pencatatan kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, perubahan tempat tinggal dan perubahan pekerjaan secara rutin. Pencatatan ini terutama dilakukan di tingkat pemerintah terendah yaitu kelurahan.
Untuk mengetahui jumlah penduduk Indonesia perhatikan tabel berikut ini!

Tabel 1. 
Perkembangan Jumlah Penduduk Indonesia.


Untuk mengatakan bahwa penduduk Indonesia besar jumlahnya, maka perlu kita bandingkan dengan jumlah penduduk negara lain.
Perhatikan tabel berikut ini!
Tabel 2. Jumlah Penduduk Negara Asean Tahun 1999


Apa kesan Anda setelah memperhatikan tabel di atas?
Ternyata selain menjadi negara dengan jumlah penduduk terbesar di wilayah Asia Tenggara, Indonesia juga menempati urutan ke empat di dunia.
Coba perhatikan lagi Tabel berikut ini!
Tabel 3. Sepuluh negara di dunia dengan jumlah penduduk terbesar
Menurut World Population Data Sheet 1999 jumlah penduduk yang ada di muka bumi pada tahun 1999 adalah 5.982.000.000 jiwa.
Dari tabel di atas bila Anda jumlah penduduk 5 negara yaitu RRC, India, Amerika Serikat, Indonesia dan Brazil maka jumlahnya 2.890.800 jiwa.
Jumlah tersebut berarti lebih dari setengah (50%) penduduk dunia.
Coba Anda renungkan! Setengah dari seluruh penduduk dunia bertempat tinggal hanya di lima negara, sedangkan sisanya tersebar lebih dari 180 negara lainnya.
Apakah Anda sudah paham dengan materi tentang jumlah penduduk. Baiklah, kita lanjutkan ke materi berikut.
    
   

0 komentar:

Poskan Komentar